Medan, 19/9/2018, WALHI Sumatera Utara menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan, Pengelolaan dan Install Open Data di Website Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Utara. Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU kerja sama antara WALHI Sumatera Utara dengan Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara pada bulan juli yang lalu. WALHI Sumatera Utara dan Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara menyepakati kerja sama dalam bentuk penyediaan informasi pelayanan publik yang transparan dan akuntabel di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral. Pelatihan ini dihadiri oleh Tim Portal Pelayanan Publik yang terdiri dari WALHI Sumatera Utara dan Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara.

Khairul Bukhari selaku Ketua Tim Portal Pelayanan Publik menerangkan bahwa, pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik mengingat rendahnya rasa percaya masyarakat saat ini kepada pemerintah. Seperti diketahui Sumatera Utara menjadi provinsi yang memperoleh gelar juara dari jumlah terbanyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terjerat kasus KKN. Tahun 2015, Sumatera Utara juga menjadi salah satu Provinsi yang menjadi sorotan KPK karena tingginya kasus korupsi di sektor sumber daya alam khususnya pertambangan.

“kita sadari bahwa saat ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah itu rendah, sehingga kita mendorong agar pelayanan publik lebih transparan dan akuntabel ke depannya” Ujar laki-laki yang akrab disapa Irul ini.

Kita berharap dengan adanya kerja sama antara WALHI Sumut dan Dinas ESDM Sumut akan mendorong perubahan di Sumatera Utara ke arah yang lebih baik lagi. Korupsi di sektor sumber daya alam tidak terjadi lagi dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah meningkat. Tambah Irul

Selain itu, untuk menyelamatkan sumber daya alam dan sumber penghidupan, saat ini WALHI juga sudah memiliki portal pelayanan publik ( pantaulingkungan.id ) yang bisa diakses oleh masyarakat luas untuk melaporkan tindak kejahatan atau kasus-kasus lingkungan dan sumber penghidupan di wilayah mereka.